Museum Budaya Gunung Segera Dibangun di Merapi

Written By Unknown on Senin, 29 Oktober 2012 | 11.37

TEMPO.CO, Yogyakarta - Pemerintah akan membangun Museum Budaya Gunung di kawasan Gunung Merapi. Lokasi museum itu satu kompleks dengan Museum Vulkanologi Merapi di kawasan Kaliurang, Yogyakarta.

»Negara kita berada di kawasan cincin api. Artinya budaya masyarakat gunung punya kontribusi besar pada bangsa ini. Jadi harus ada museumnya," ujar Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti di sela acara persiapan »World Cultural for Development Forum (WCF) 2013" di Yogyakarta pada Sabtu, 27 Oktober 2012.

Menurut Wiendu, rencana itu semakin menguat setelah berbagai komunitas secara intensif menggelar berbagai forum kebudayaan gunung, seperti Festival Lima Gunung atau Srawung Seni Segara Gunung.

Bagi dia, rencana ini akan membuat kawasan Merapi mempunyai tempat pengenalan peradaban gunung api paling lengkap di Indonesia. »Ada Museum Vulkanologi untuk aspek sains dan Museum Budaya Gunung dari segi tradisinya," kata Wiendu.

Wiendu mengatakan museum ini tak akan dibangun seperti museum lain yang hanya mementingkan aspek dokumentasi. Museum itu, ujarnya, harus menjadi penggerak tumbuhnya komunitas budaya gunung yang kuat.

»Nanti kita mau bentuk koloni seniman di museum itu sehingga bisa sekaligus menjadi pusat bertemunya komunitas kebudayaan berbagai gunung," kata Wiendu.

Kini rencana itu sedang dimatangkan tim dari jurusan Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Ika Putra, anggota tim itu, mengatakan konsep bangunan museum akan dibuat sesuai dengan kontur geografis dan berada di bagian bawah permukaan tanah sehingga mirip bunger yang tak mudah rusak ketika ada erupsi.

Guru besar arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UGM, Timbul Haryono, menyarankan agar konsep museum ini nanti menjadi penyampai cerita mengenai perjalanan kebudayaan masyarakat gunung. 

Rahayu Supanggah, Rektor Institut Seni Indonesia, Surakarta, berharap museum itu bisa menjadi media untuk mempelajari berbagai kesenian dan tradisi masyarakat gunung. Menurut dia, berbagai catatan sejarah membuktikan bahwa banyak tradisi di Keraton Jawa terinspirasi oleh budaya gunung. 

»Banyak tradisi yang dilahirkan dari gunung dan baru meluas setelah dibawa masuk keraton serta mengalami berbagai modifikasi."

ADDI MAWAHIBUN IDHOM

Berita lain:

Soekarno: Bahasa Jawa Jangan Jadi Bahasa Nasional 

Tokoh Nasionalis ini, Kakek dari Dian Sastro 

Gugatan Polri ke KPK Dinilai Aneh 

Rahasia Kisah Asmara W.R. Soepratman 

Lagu Indonesia Raya dan Kontroversinya  


Anda sedang membaca artikel tentang

Museum Budaya Gunung Segera Dibangun di Merapi

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2012/10/museum-budaya-gunung-segera-dibangun-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Museum Budaya Gunung Segera Dibangun di Merapi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Museum Budaya Gunung Segera Dibangun di Merapi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger