Wa Ode Tahu Ada Transfer Duit Suap ke Rekeningnya

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 11.37

TEMPO.CO, Jakarta - Pegawai Bank Mandiri mengatakan Wa Ode Nurhayati pernah menyaksikan pemindahan duit Rp 1,5 miliar dari rekening Haris Andi Surrahman ke dalam rekening milik politikus dari Partai Amanat NAsional itu. Pemindahan duit dilakukan Wa Ode bersama Haris, Fahd El Fouz, serta Sefa Yolanda. 

"Penyerahan uang ke rekening Ibu Wa Ode terjadi pada sore hari setelah Haris membuka rekening dengan saldo awal Rp 2 miliar," kata Gunawan, pegawai Bank Mandiri Cabang Dewan Perwakilan Rakyat, saat bersaksi dalam sidang Fahd El Fouz di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Selasa malam, 23 Oktober 2012.

Fahd adalah pengusaha yang menyuap anggota Badan Anggaran DPR, Wa Ode Nurhayati, sebesar Rp 6 miliar. Duit suap yang diserahkan melalui kader Golkar Haris Andi Surrahman bertujuan agar proyek dana penyesuaian infrastruktur daerah dialokasikan ke tiga kabupaten di Nangroe Aceh Darussalam, yakni Aceh Besar, Pidie Jaya, dan Bener Meriah.

Wa Ode selama ini berkali-kali membantah secara sengaja menerima duit Fahd. Ia mengaku dijebak Haris dengan menyerahkan duit suap secara tunai melalui stafnya, Sefa Yolanda. Wa Ode telah divonis 6 tahun penjara dalam kasus ini.

Gunawan mengatakan duit Rp 1,5 dari Haris mulanya berasal dari rekening Fahd. Haris membuka rekening di banknya dan menempatkan saldo awal dari duit Fahd sebanyak Rp 2 miliar. Transaksi antara Wa Ode, Fahd, dan Haris itu, kata dia, terjadi pada 13 Oktober 2010.

Namun pada 14 Oktober, Sefa kembali menerima duit dari rekening Haris Rp 1 miliar. Oleh Sefa, duit tersebut dimasukkan ke rekening Wa Ode. "Tetapi waktu itu yang melakukan transaksi langsung hanya Haris dan Sefa," ujarnya.

Berbeda dengan Gunawan, Sefa tetap kukuh menyatakan Haris memberi duit kepadanya dalam bentuk tunai dan dibungkus plastik. Duit itu lantas dibawa ke apartemen Wa Ode di Permata Hijau, Jakarta Selatan. "Ibu bilang duit itu kembalikan ke Haris, saya pun masukkan ke rekening Haris," ujarnya.

Pernyataan Sefa sempat membuat anggota majelis Hakim Pangeran Napitupulu kesal. "Sandiwara kalian, kau bawa uang pura-pura ke mana. Padahal menurut saksi Gunawan waktu transaksi ada kau dan Wa Ode," ujarnya. "Rekayasa dalam sidang ini luar biasa."

Sefa langsung sesenggukan. Ia pun mengakui bahwa semua transaksi antara dirinya dengan Haris dan Fahd diketahui bosnya Wa Ode. "Nah, yang penting Wa 0de tahu soal ini, jadi tidak salah hakim memutus dia bersalah," ujar Pangeran kepada Sefa.

Adapun Fahd membenarkan semua keterangan saksi dari Bank Mandiri. Ia juga mengaku mengenal Sefa. "Saya selalu berkomunikasi dengan Sefa."

TRI SUHARMAN

Terpopuler:

PPATK: Jejak Transaksi Hambalang ''Gelap'' 

PAN-PPP Usung Bibit Waluyo di Pilkada Jawa Tengah

PPATK Temukan Transaksi Mencurigakan Hambalang

Penyerahan Kasus Simulator tanpa SP3 Dinilai Benar 

Tim Teknis KPK Bahas Nasib Tersangka Simulator SIM  


Anda sedang membaca artikel tentang

Wa Ode Tahu Ada Transfer Duit Suap ke Rekeningnya

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2012/10/wa-ode-tahu-ada-transfer-duit-suap-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wa Ode Tahu Ada Transfer Duit Suap ke Rekeningnya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wa Ode Tahu Ada Transfer Duit Suap ke Rekeningnya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger