2013, Anggaran Penyidikan Korupsi Polri Setara KPK

Written By Unknown on Sabtu, 29 Desember 2012 | 11.37

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri dapat angin segar di 2013 terutama dalam bidang penindakan tindak pidana korupsi yang ditangani kepolisian, Tahun depan anggaran penyidikan khusus untuk korupsi di kepolisian hampir sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tentu hal tersebut harus dijawab kepolisian, apakah institusi yang kini dipimpin Jendral Polisi Timur Pradopo bisa bekerja profesional seperti KPK dalam menangani kasus korupsi atau tidak? Nama lembaga tribata pun akan dipertaruhkan di 2013 setelah DPR menyetujui tambahan anggaran untuk direktorat tindak pidana korupsi Polri.

"Kita punya semangat baru karena DPR sudah menyetujui tambahan anggaran, yang jelas hampir sama dengan KPK untuk penegakan hukum di bidang korupsi," ungkapnya.

Sepanjang 2012, Polri tidak memiliki prestasi yang mencolok dalam penanganan korupsi, banyak kasus korupsi yang terbengkalai hingga sekarang padahal kasusnya sudah disidik lebih dari setahun lamanya, contohnya kasus pengadaan alat flu burung, pengadaan alat-alat pendidikan kesehatan, dan kasus buffer stock di Kementerian Kesehatan yang sudah menetapkan Siti Fadillah sebaga tersangka.

Semuanya seakan terlupakan begitu saja. Pantas bila Polri kalah pamor dari KPK dalam hal penegakan hukum tindak pidana korupsi.

"Sekarang tidak ada alasan untuk dibilang polisi kurang anggaran untuk penanganan kasus korupsi. Mudah-mudahan ini memberikan semangat baru untuk Mabes Polri dan Polda-Polda dalam mengungkap kasus korupsi," kata Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna saat ditemui seusai jumpa pers refleksi akhir tahun Mabes Polri.

Nanan mengatakan, sebetulnya meskipun anggaran untuk penyidikan kasus korupsi di Polri meningkat bukan berarti gaji penyidiknya meningkat, tetapi tetap saja gaji penyidik Tipikor Polri sama seperti anggota Polri pada umumnya.

"Kalau gaji kan sama saja, prinsipnya, justru dengan gaji kecil, tentu tantangan buat kita ungkap lebih banyak, lebih besar, gitu harusnya. Itu semangatnya, bukan gaji kecil lebih kecil hasil. Itu sih bukan semangat reformasi," ucapnya.

Lanjut Nanan, kini DPR sudah memberikan tambahan uang penyidikan khusus untuk Tipikor kepada kepolisian. "Buat saya pribadi, wah tambah berat nih, tambah susah kita bebannya. Tapi berarti tambah semangat dong anggota untuk menyidiknya. Ada tambahan itu, tapi rinicannya saya lupa, ada tambahannya lupa saya," ungkap Nanan.


Anda sedang membaca artikel tentang

2013, Anggaran Penyidikan Korupsi Polri Setara KPK

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2012/12/2013-anggaran-penyidikan-korupsi-polri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

2013, Anggaran Penyidikan Korupsi Polri Setara KPK

namun jangan lupa untuk meletakkan link

2013, Anggaran Penyidikan Korupsi Polri Setara KPK

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger