Hari Ini Pemilihan Wakil Ketua MK

Written By Unknown on Kamis, 10 Januari 2013 | 11.37

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-  Mahkamah Konstitusi (MK) akan memilih wakil ketua periode 2013-2015 hari ini. Pemilihan tersebut dilaksanakan sehubungan dengan habisnya masa jabatan wakil ketua MK Achmad Sodiki.

Achmad sebelumnya telah menjabat sebagai wakil ketua MK selama tiga tahun terhitung sejak 12 Januari 2010.

Rapat pleno tersebut sendiri dilaksanakan secara musyawarah mufakat dan tertutup berdasarkan pasal 5 ayat 1 dan ayat 2 peraturan MK No. 3/PMK/2012.

Mahfud MK, ketua MK, akan memimpin rapat pleno hakim tersebut sebelum mengakhiri masa jabatannya.

Wakil ketua MK terpilih nantinya hanya akan menjabat selama dua tahun enam bulan. Lebih singkat dari sebelumnya disebabkan revisi UU No. 24 tahun 2003 tentang MK pada tahun 2011 lalu.

Tentunya dengan ketentuan tersebut menyebabkan ketidaksesuaian antara masa jabatan hakim konstitusi yang selama lima tahun dengan jabatan ketua dan wakil ketua MK yang selama tiga tahun.

Bila seorang ketua dan wakil ketua terpilih lagi untuk periode kedua, maka akan melewati masa jabatannya sebagai hakim konstitusi yang hanya selama lima tahun.

Ketentuan masa jabatan yang baru tertuang pada pasal 4 ayat 3 UU No. 8 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 24 Tahun 2003 tentang MK.

Bunyinya, ketua dan wakil ketua MK dipilih dari dan oleh anggota hakim konstitusi untuk masa jabatan selama dua tahun enam bulan terhitung sejak tanggal pengangkatan ketua dan wakil ketua MK.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Ini Pemilihan Wakil Ketua MK

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/01/hari-ini-pemilihan-wakil-ketua-mk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Ini Pemilihan Wakil Ketua MK

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Ini Pemilihan Wakil Ketua MK

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger