Nanat: HMI Berkomitmen pada Penegakan Hukum

Written By Unknown on Senin, 18 Maret 2013 | 11.37

Jakarta (ANTARA) - Mantan Ketua Presidium Majelis Nasional Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Prof Nanat Fatah Natsir mengatakan HMI harus berkomitmen pada penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

"HMI harus independen dan berpijak pada kebenaran dan mendukung pemberantasan korupsi siapa pun yang menjadi tersangka atau pelakunya adalah oknum alumninya sendiri," kata Nanat Fatah Natsir yang dihubungi di Jakarta, Senin.

Mantan Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Jawa Barat itu mengatakan HMI merupakan wahana pelatihan intelektual akademis atau "intellectual exercise" yang bernafaskan Islam untuk mahasiswa.

Menurut dia, intelektual akademis dan independensi merupakan kekuatan utama HMI.

Oleh karena itu, dia menyarankan HMI tidak masuk ke ranah politik dan terlibat dukung mendukung antara si A dan si B.

"HMI harus kembali pada jati diri kelompok intelektual akademis yang bernafaskan Islam. Kalau masuk ke politik bisa menjadi bumerang dan berbahaya bagi masa depan HMI," kata Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu.

Kekuatan intelektual akademis yang independen pada HMI, kata Nanat, telah diakui sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno. Saat itu, ada beberapa pihak yang menginginkan HMI dibubarkan.

"Namun, karena melihat potensi HMI yang tidak bisa ditunggangi, Soekarno tidak membubarkan HMI. Berbeda dengan permintaan terhadap Partai Masyumi yang akhirnya dibubarkan oleh Soekarno," katanya.

Nanat mengemukakan hal itu menunjukkan bahwa Soekarno mengakui kekuatan HMI sebagai kelompok intelektual akademis yang independen dan tidak bisa ditunggangi.

HMI sedang menggelar kongres ke-28 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada 15-20 Maret 2013.

Pada saat pembukaan kongres, seorang petinggi organisasi kemahasiswaan itu sempat menyatakan dukungan kepada Anas Urbaningrum yang dijadikan tersangka kasus Hambalang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anas Urbaningrum salah satu alumni HMI dan mantan Ketua Presidium Majelis Nasional KAHMI.(rr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Nanat: HMI Berkomitmen pada Penegakan Hukum

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/03/nanat-hmi-berkomitmen-pada-penegakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nanat: HMI Berkomitmen pada Penegakan Hukum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nanat: HMI Berkomitmen pada Penegakan Hukum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger