KPK Telisik Kasus BLBI, Mulailah dari Sini  

Written By Unknown on Selasa, 16 April 2013 | 11.37

TEMPO.CO, Jakarta - Bekas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Riyanto meminta pimpinan KPK untuk melanjutkan pengusutan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia.

Menurut dia, penyelidikan itu bisa dilakukan dengan melanjutkan hasil pemeriksaan empat tim yang dahulu pernah dibentuk pada masa kepemimpinannya. "Saya sarankan kepada pimpinan yang baru tolong telusuri dari situ," kata Bibit di gedung KPK, Senin, 15 April 2013.

Bibit menyebutkan, tim yang dipimpin jaksa itu memfokuskan penyelidikan dengan menelusuri jejak-jejak penanganan kasus di Kejaksaan Agung. Mereka mendatangi kejaksaan untuk menanyakan tentang penghentian perkara tersebut. Mereka juga pernah melakukan gelar perkara kasus ini sekali. "Tapi belum tuntas, harus disidangkan lagi," ujarnya.

BLBI merupakan skema bantuan dari Bank Indonesia kepada 48 bank bermasalah saat krisis moneter 1997-1998. Total nilainya mencapai Rp 140 triliun. Aset bank-bank bermasalah tersebut kemudian diambil alih oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional karena pemiliknya gagal bayar.

Namun, penjualan aset debitor hanya mampu menutupi 26 persen dari total utangnya. Belakangan, sebagian dari mereka menjadi buron. Bagi debitor yang sudah lunas, pemerintah menerbitkan SKL pada zaman Presiden Megawati Soekarnoputri dengan Menteri Keuangan Boediono.

KPK tengah mengusut perkara ini. Pekan kemarin, Komisi memanggil bekas Menteri Koordinator Perekonomian era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli. Sebelumnya, lembaga itu juga pernah memanggil ekas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di era Presiden Megawati Soekarnoputri, Kwik Kian Gie.

NUR ALFIYAH

Topik Terhangat:

Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman| Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Baca juga

EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad Maya

Kata Saksi Bom Boston

Bom Boston, Dua Pelari Indonesia Selamat

Ustad Indonesia Orang Berpengaruh di New York


Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Telisik Kasus BLBI, Mulailah dari Sini  

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/04/kpk-telisik-kasus-blbi-mulailah-dari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Telisik Kasus BLBI, Mulailah dari Sini  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Telisik Kasus BLBI, Mulailah dari Sini  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger