Bayar Pajak, Asian Agri Tetap Keberatan

Written By Unknown on Jumat, 21 Juni 2013 | 11.37

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asian Agri bersikap kooperatif dengan melakukan pembayaran terhadap Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terhadap 14 perusahaan di dalam Grup Asian Agri.

Namun, 14 perusahaan tersebut akan mengajukan keberatan sesuai ketentuan yang berlaku demi tegaknya keadilan.

Freddy Widjaya, General Manager Grup Asian Agri, mengatakan SKP yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak didasarkan pada Putusan Mahkamah Agung atas perkara Saudara Suwir Laut, dimana Asian Agri bukan pihak dan tidak pernah didakwa serta tidak pernah diberi kesempatan untuk membela diri.

"Namun demikian, kami tetap patuh terhadap hukum dan peraturan yang berlaku dengan melakukan pembayaran pada hari ini," ujar Freddy, Kamis (20/6/2013)

Freddy menambahkan, pihaknya selama periode pajak yang dipermasalahkan yakni 2002-2005 telah melaksanakan kewajibannya dengan menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan membayar pajak. Bahkan, Grup Asian Agri termasuk salah satu pembayar pajak yang besar di Industri Kelapa Sawit.

Kendati demikian, korporasi ini mempertanyakan penetapan jumlah kekurangan pajak Rp 1,25 triliun yang diterbitkan.

Jumlah tersebut melebihi total keuntungan dari ke-14 perusahaan di dalam Grup Asian Agri pada periode 2002-2005 sebesar Rp 1, 24 Triliun, belum lagi ditambahkan denda pajak yang dikenakan, sehingga totalnya menjadi Rp 4,4 triliun.

"Tidak ada negara manapun di dunia ini yang memungut pajak yang nilainya lebih dari 100 persen keuntungan perusahaan," tegasnya.

Freddy mengharapkan agar permasalahan ini dapat dilihat secara proporsional. Opini yang tidak proporsional dapat mengakibatkan dampak negatif bagi perusahaan yang membina 29.000 keluarga petani plasma dan bermitra dengan 25.000 petani swadaya.

Baca Juga:


Anda sedang membaca artikel tentang

Bayar Pajak, Asian Agri Tetap Keberatan

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/06/bayar-pajak-asian-agri-tetap-keberatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bayar Pajak, Asian Agri Tetap Keberatan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bayar Pajak, Asian Agri Tetap Keberatan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger