Ketua MK: Peran DKPP Sudah Berlebihan

Written By Unknown on Jumat, 09 Agustus 2013 | 11.37

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar menilai pemecatan anggota Komisi Pemilihan Umum oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sudah berlebihan. Menurutnya, jika lembaga yang menjaga integritas pemilu tersebut terlalu mudah untuk memberhentikan anggota KPU yang dinilai melanggar kode etik maka, Akil khawatir tahapan penyelenggaraan pemilu nasional akan terganggu.

"Jangan asal main pecat, buat DKPP sih nggak masalah memecat anggota KPU yang bermasalah, tapi kan tahapan pemilu siapa yang nanganin. Itu bisa mengulur jadwal pemilu karena proses penggantian anggota KPU yang baru tersebut," ujar Akil Mochtar, ketika ditemui saat open house di rumahnya, Jalan, Widya Chandra III no 7 Jakarta Selatan, Kamis, 8 Agustus 2013.

Akil menjelaskan, memang DKPP mempunyai keputusan yang bersifat final. Oleh karena itu, Akil berharap ada kejelasan dalam penentuan pelanggaran oleh DKPP, apakah itu masuk ke dalam pelanggaran etik atau aturan. "Kalau terlalu banyak anggota KPU yang dipecat, itu akan mendelegitimasi KPU sehingga membuat publik tidak percaya kepada penyelenggara pemilu, yang output besarnya adalah terganggunya proses penyelenggaraan pemilu," ujar Akil.

Menurut Akil, Komisi Pemilihan Umum memiliki peran sentral dalam menentukan kelancaran pembentukan lembaga negara. Penentuan dalam pemilihan pemimpin legislatif dan eksekutif merupakan hal yang sentral untuk jalannya sebuah roda pemerintahan.

GALVAN YUDISTIRA

Berita lainnya:

Ponsel Sisca Yofie Ditemukan 

Jokowi Takbiran di Rumah Mega

Ponsel Sisca Yofie Hancur Terlindas Mobil

Penyapu Jalan Gadungan Bermunculan di Bandung

Ada Dua Motor Buntuti Aiptu Dwiyatna

Sapi Masuk Bandara, Apa Kata Angkasa Pura II 

Aiptu Dwiyatna Ditembak dengan Kaliber 99 mm

Ada 3 CCTV di Lokasi Aiptu Dwiyatna Tertembak


Anda sedang membaca artikel tentang

Ketua MK: Peran DKPP Sudah Berlebihan

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/08/ketua-mk-peran-dkpp-sudah-berlebihan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketua MK: Peran DKPP Sudah Berlebihan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketua MK: Peran DKPP Sudah Berlebihan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger