Sejarawan: Adanya Jalan Soekarno-Hatta di Jakarta jadi inspirasi

Written By Unknown on Minggu, 11 Agustus 2013 | 11.38

MERDEKA.COM. Wacana pergantian Jalan Merdeka Selatan dan Merdeka Utara dinilai positif oleh banyak kalangan, salah satunya sejarawan J.J Rizal. Menurutnya, pergantian nama jalan dengan nama Proklamator akan memicu provinsi lain melakukan hal serupa.

"Harus dianggap serius ini program nama jalan. Nanti dari Jakarta sentralistik, Jakarta jadi contoh. Ini bagian semangat mengembalikan posisi Soekarno dan Hatta di berbagai daerah," kata J.J Rizal kepada merdeka.com, Sabtu (10/8).

Kedua jalan yang berada di pusat kota ini dianggap cocok untuk mewakili kedua bapak bangsa tersebut. Bahkan, Rizal menilai ini menjadi salah satu tonggak evaluasi sejarah.

"Mayoritas nama jalan sekarang nama tentara, enggak jelas jadi nama protokol. Padahal dia itu tokoh paling sentral. Kalau sejarah enggak bisa dievaluasi, nama jalanlah evaluasi. Jalan itu sudah representatif. Tapi nama jalan lainnya harus dievaluasi," kata Rizal.

Rizal mengharapkan agar kelak jika kedua Jalan Merdeka tersebut diganti, nama Soekarno dan Hatta akan semakin harum dikenal. "Mudah-mudahan adanya Jalan Soekarno dan Hatta sendiri menimbulkan inspirasi," tutupnya.

Sebelumnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengungkapkan rencana pergantian nama jalan di Ibu Kota bersama Gubernur DKI Joko Widodo, Anggota DPD AM Fatwa dan Ketua MPR Sidarto Danusubroto. Nama Jalan Merdeka Utara akan diganti Soekarno dan Merdeka Selatan diganti Hatta.

Diperkirakan pergantian nama jalan ini akan selesai pada November mendatang dengan mengikutsertakan anggota dari seluruh provinsi. Waktu itu dipilih bertepatan dengan Hari Pahlawan (10 November).

Sumber: Merdeka.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Sejarawan: Adanya Jalan Soekarno-Hatta di Jakarta jadi inspirasi

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/08/sejarawan-adanya-jalan-soekarno-hatta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sejarawan: Adanya Jalan Soekarno-Hatta di Jakarta jadi inspirasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sejarawan: Adanya Jalan Soekarno-Hatta di Jakarta jadi inspirasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger