Apa motif Anas bikin Ormas Rumah Pergerakan Indonesia?

Written By Unknown on Minggu, 15 September 2013 | 11.37

MERDEKA.COM. Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Rumah Pergerakan Indonesia akan diperkenalkan ke publik pagi ini. Tak seperti ormas kebanyakan, Rumah Pergerakan Indonesia ini menarik perhatian karena didirikan oleh tersangka kasus Hambalang, Anas Urbaningrum.

Disaat ramai KPK ngotot untuk mencabut hak politik seorang terdakwa korupsi proyek Simulator SIM, Irjen Pol Djoko Susilo, Anas justru kembali bergeliat ke dunia politik lewat Ormas ini setelah sempat mundur sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Apa motif Anas mendirikan ormas ini?

Anas sendiri enggan membeberkan lebih jauh apa motif sesungguhnya mendirikan Ormas tersebut. Dia hanya menyebut, jika ormas itu hanya akan dijadikan sebagai ajang kumpul-kumpul.

"Tempat kumpul-kumpul. Kantornya Perhimpunan Pergerakan Indonesia," kata Anas kepada merdeka.com.

"Lebih rinci dan lengkap besok ya, he-he. Suwun," ucapnya cekak.

Salah satu loyalis Anas Urbaningrum, Gede Pasek Suardika tak mempersoalkan status tersangka yang tersemat dalam status hukum Anas. Menurut dia, tak satupun Undang-Undang (UU) yang melarang tersangka mendirikan ormas.

"Baca saja UU mana yang melarang (tersangka dilarang dirikan ormas)? Kok aneh-aneh saja. Baca saja pasal konstitusi kita Pasal 28," ujar Pasek kepada merdeka.com, Sabtu (14/9) malam.

Menurut Pasek, jika ada yang melarang seseorang mendirikan ormas, hal tersebut justru melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). "Karena pasal 28 dari semua huruf di UUD NRI 45 mengatur soal HAM," tegas dia.

Ketua komisi hukum DPR ini juga menantang jika KPK nantinya melarang seorang tersangka membentuk sebuah Ormas. Seperti halnya KPK ngotot ingin mencabut hak politik Djoko Susilo yang sudah divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim.

"Silakan kalau mau dipersoalkan oleh KPK. Nanti di situ kita diskusikan hukum kita seperti apa," tukasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan. Dia tak khawatir jika ormas yang dibentuk Anas ini mengancam partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

"Sekarang ini, zaman demokrasi, siapapun bisa berbuat apa saja. Yang penting jalurnya harus benar," kata Syarief pendek menanggapi.

Sementara Ketua DPP Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana justru mengaku mendukung dengan adanya Rumah Pergerakan Indonesia yang dibentuk oleh Anas. "Saya kira Partai Demokrat malah ikut mendorong Pak Anas Urbaningrum membuat wadah untuk menyalurkan ide-ide yang cemerlang di Rumah Pergerakan itu," kata Sutan.

Sutan juga menanggapi santai atas tudingan loyalis Anas lainnya yang menyebut jika ormas Anas bakal mengalahkan Partai Demokrat. Menurut Sutan, ormas tak bisa disejajarkan dengan sebuah partai politik.

"Ya kan enggak ada masalah kalau lebih besar dari Partai Demokrat. Karena Partai Demokrat kan tidak pas dibandingkan dengan Ormas. Karena kan berbeda cara berjuangnya," tegas dia.

Sumber: Merdeka.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Apa motif Anas bikin Ormas Rumah Pergerakan Indonesia?

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/09/apa-motif-anas-bikin-ormas-rumah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Apa motif Anas bikin Ormas Rumah Pergerakan Indonesia?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Apa motif Anas bikin Ormas Rumah Pergerakan Indonesia?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger