Kapolres: Sumbawa Jadi Tempat Peredaran Narkoba

Written By Unknown on Jumat, 27 September 2013 | 11.37

Mataram (Antara) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sumbawa AKBP Karsiman SIK MM mengatakan, daerah ini sudah menjadi tempat peredaran narkoba yang sebelumnya hanya sebagai daerah transit barang haram itu.

"Kabupaten Sumbawa yang dulunya hanya sebagai daerah transit narkoba, kini meningkat statusnya menjadi tempat peredaran narkoba. Salah satu indikasinya cukup banyak kasus yang berhasil diungkap," katanya melalui Kasat Reserse Narkoba, Polres Sumbawa AKP Purbo Wahono yang dihubungi dari Mataram, Jumat.

Ia mengatakan, cukup banyak kasus penyalahgunaan Narkoba yang berhasil diungkap jajaran Polres Sumbawa selama 2013, yakni sebanyak 11 kasus. Ini salah satu indikator bahwa Sumbawa telah menjadi daerah peredaran Narkoba.

Tersangka yang berhasil ditangkap, menurut dia, sebagian besar pengedar. Selain itu barang bukti yang berhasil diamankan adalah jenis shabu. Pada Kamis (26/9) Polres Sumbawa memusnahkan barang bukti berupa 1,3 gram shabu peredaran narkoba.

"Dari informasi yang berhasil kami himpun di lapangan, peredaran narkoba sudah sampai ke pelosok desa yang kemudian kami tindaklanjuti meski secara sporadis, namun yang berhasil kami ungkap 11 kasus dengan 11 orang tersangka," ujarnya.

Dari 11 tersangka itu, menurut Purbo, dua di antaranya wanita. Dari 11 kasus itu, tujuh kasus diantaranya sudah dilimpahkan ke kejaksaan, empat lainnya masih dalam proses penyidikan.

Untuk menekan peredarannya, kata Purbo, selain tindakan represif, juga melibatkan fungsi lainnya termasuk Babinkamtibmas melakukan kegiatan preventif dengan menggiatkan penyuluhan baik melalui media massa, maupun langsung mendatangi pelajar, mahasiswa dan elemen lainnya.

"Upaya ini rutin kami lakukan, dalam sebulan bisa dilaksanakan 2-3 kali. Namun demikian kendala tetap ada, persoalan utamanya klasik, yakni keterbatasan anggaran," kata Purbo.

Menurut dia, dana yang dialokasikan pada 2013 sudah habis terserapuntuk 5 kasus, sementara yang berhasil diungkap sebanyak 11 kasus. Kondisi ini, menurut dia, diperparah dengan belum terbentuknya Badan Narkotika Kabupaten (BNK) sehingga terkendala sarana dan prasarana pendukung, personil yang terbatas tidak sebading dengan jangkauan wilayah yang cukup luas.

"Kami sulit menjangkau daerah yang menjadi target operasi.

Kendati demikian kita tetap berkomitmen untuk mendukung suksesnya program Indonesia Bebas Narkoba Tahun 2015," ujarnya.

Ia mengatakan, sekecil apapun informasi dari masyaraakt akan ditindaklanjuti dalam upaya mempersempit ruang gerak para pelaku dan meminimalisir peredaran narkoba di daerah ini. (03)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kapolres: Sumbawa Jadi Tempat Peredaran Narkoba

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/09/kapolres-sumbawa-jadi-tempat-peredaran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kapolres: Sumbawa Jadi Tempat Peredaran Narkoba

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kapolres: Sumbawa Jadi Tempat Peredaran Narkoba

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger