SBY ingin cari solusi krisis kepercayaan terhadap MK

Written By Unknown on Sabtu, 05 Oktober 2013 | 11.37

MERDEKA.COM. Presiden SBY menyebut penangkapan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar karena menerima suap sebagai tragedi politik dan mencoreng nama negara Indonesia. SBY berharap bisa mencarikan solusi agar krisis kepercayaan terhadap MK tidak berlanjut.

"Kita memiliki dua institusi yang kuat yaitu MK dan KPK. Harapan rakyat amat tinggi. Sepatutnya kepercayaan rakyat tidak dicederai," tulis SBY dalam akun Facebooknya, seperti dikutip merdeka.com, Sabtu (5/10).

SBY melanjutkan, sesuai UUD 1945, putusan MK final. Berarti harus dijalankan oleh siapapun. "Bayangkan kalau salah. Bayangkan kalau ada korupsinya," ujarnya.

Apalagi, kata SBY, perkara yang ditangani MK sangat penting, tentang undang-undang, sengketa lembaga negara dan sengketa pemilu, dan pembubaran parpol. "Mengingat krisis kepercayaan terhadap MK, saya mengundang Ketua MPR, DPR, DPD, MA, KY dan BPK untuk membahas situasi ini," jelasnya.

"Saya ingin mengajak para pimpinan lembaga negara tersebut untuk memikirkan masa depan MK, yang bisa menjaga tegaknya kebenaran dan keadilan. Juga memikirkan bagaimana MK bisa kredibel di mata rakyat, karena rakyat bisa tidak percaya lagi. Meskipun kejadian itu ulah oknum," imbuhnya.

Salah satu solusi yang disampaikan SBY adalah perlunya membuat aturan persyaratan dan mekanisme pemilihan hakim konstitusi.

"Kalau perlu kita atur dalam Undang-undang. Kita ingin MK menjadi benteng konstitusi dan meluruskan kehidupan bernegara yang dinilai menyimpang. Tanggung jawabnya sangat besar," pungkas SBY.

Sumber: Merdeka.com

Anda sedang membaca artikel tentang

SBY ingin cari solusi krisis kepercayaan terhadap MK

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/10/sby-ingin-cari-solusi-krisis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SBY ingin cari solusi krisis kepercayaan terhadap MK

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SBY ingin cari solusi krisis kepercayaan terhadap MK

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger