Relief Arjuna Wiwaha Masuk Museum Probolinggo

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 11.37

TEMPO.CO , Probolinggo - Museum Probolinggo menambah koleksi bersejarahnya untuk melengkapi benda-benda bersejarah yang ada sebelumnya. Baru-baru ini, koleksi museum yang belum dua tahun berdiri ini bertambah dengan sebuah replika relief Arjuna Wiwaha.

Replika tersebut diambil dari relief Arjuna Wiwaha yang ada di Candi Kedaton, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Arjuna Wiwaha merupakan cerita klasik dari tokoh pewayangan. Pada Candi Kedaton terdapat tiga blok relief yang berisi tiga sekuel cerita.

"Yang dipasang di museum hanya replika saja. Yang asli di Candi Kedaton," kata Koordinator Museum Probolinggo, Ade Sidiq Permana, Jumat 19 Oktober 2012. Ade mengatakan, keberadaan replika relief Arjuna Wiwaha di Museum Probolinggo untuk melengkapi informasi tentang sejarah klasik Probolinggo.

Candi Kedaton berada di daerah pegunungan Argopuro. Pada tiga sisinya terdapat relief kisah klasik. Kisah Arjunawiwaha di sisi barat, kisah Garudeya di sisi selatan, dan kisah Bhomantaka di sisi timur.

Replika relief di Candi Kedaton ini diluncurkan bersamaan dengan sejumlah benda bersejarah lainnya, seperti peralatan di zaman kolonial, etnografi, gelang kaki serta aksesoris tampilan untuk seni Lengger. Museum Probolinggo menyimpan beragam jenis benda bersejarah mulai dari arkeologi, filologi, etnografika, tegnologika, numismatika, foto kuno serta historika.

Keberadaan sejumlah benda-benda bersejarah itru diperoleh secara hibah, pembelian hingga mekanisme pinjam ganti. "Setiap tahun ada penambahan koleksi baru," kata Ade.

Dibuka pertamakali pada 15 Mei 2012, hingga saat ini sudah puluhan ribu pengunjung yang mendatangi museum ini. Pada 2011 tercatat ada 13 ribu pengunjung dan hingga Oktober 2012 tercatat sudah 23 ribu pengunjung yang datang.

DAVID PRIYASIDHARTA

Berita terpopuler lainnya:

3 Syarat Jadi Pendamping Ical

Ian Wright : Rooney Setara dengan Messi dan CR7 

KPK Belum Bisa Temukan Aliran Dana Hambalang 

Diperkirakan Hanya Dua Partai Islam Lolos 2014 

Fakta Menarik Jelang Tottenham Vs Chelsea 

Trisum Bermusik dengan Tidak Egois


Anda sedang membaca artikel tentang

Relief Arjuna Wiwaha Masuk Museum Probolinggo

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2012/10/relief-arjuna-wiwaha-masuk-museum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Relief Arjuna Wiwaha Masuk Museum Probolinggo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Relief Arjuna Wiwaha Masuk Museum Probolinggo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger