Soekarno diberi gelar pahlawan, bagaimana Soeharto?

Written By Unknown on Rabu, 07 November 2012 | 11.37

MERDEKA.COM, Pasangan Proklamator Republik Indonesia Soekarno-Mohammad Hatta dianugerahi gelar pahlawan nasional hari ini. Pemberian gelar dinilai terlambat. Efek yang akan muncul, dipastikan para pendukung Soeharto juga akan mendesak pemerintah agar memberikan gelar pahlawan nasional pada presiden kedua ini.

"Ironinya justru desakan agar Soeharto dijadikan pahlawan lebih keras terdengar daripada gelar pahlawan untuk Soekarno-Hatta. Hal ini bisa dipahami, elite-elite politik sekarang banyak yang masih merupakan anak buah Soeharto," kata pengamat politik Ray Rangkuti saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (7/11).

Pemberian gelar bagi Soekarno-Hatta ini akan memicu para pendukung Soeharto. Apalagi mereka yang dulu mendapat posisi enak dan kini tersingkir. Mereka akan memperjuangkan kembalinya Orde Baru sekuat tenaga.

"Mereka akan berfikir Soekarno kini sudah jadi pahlawan. Tak ada alasan tak memberikan gelar pahlawan pada Soeharto," kata Ray.

Namun Ray menilai pemberian gelar pahlawan bagi Soekarno dan Soeharto adalah dua hal yang berbeda. Soekarno dengan segala perannya bagi republik layak disebut pahlawan. Tapi tidak bagi Soeharto yang menggunakan intimidasi dan kekerasan untuk melanggengkan kekuasaannya. Banyak pelanggaran HAM yang dilakukan Orde Baru dan masih belum terungkap.

"Tidak bisa hanya karena Soeharto membangun gedung dan jembatan lalu digelari pahlawan. Dulu kita pernah minta ke Mahkamah Konstitusi agar Soeharto dan para pelanggar HAM tidak diberi gelar pahlawan nasional. Tapi permohonan kami ditolak," terang Ray.

Sumber:

Anda sedang membaca artikel tentang

Soekarno diberi gelar pahlawan, bagaimana Soeharto?

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2012/11/soekarno-diberi-gelar-pahlawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Soekarno diberi gelar pahlawan, bagaimana Soeharto?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Soekarno diberi gelar pahlawan, bagaimana Soeharto?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger