Bulog dan Indakop Ponorogo Gelar Operasi Pasar

Written By Unknown on Sabtu, 22 Desember 2012 | 11.37

Laporan dari Sudarmawan wartawan surya

TRIBUNNEWS.COM,PONOROGO - Sub Depot Logistik (Bulog) wilayah XIII Ponorogo dan Dinas Industri, Perdagangan, dan Koperasi (Indakop) Pemkab Ponorogo bakal menggelar operasi pasar yang bakal dilaksanakan sejak tanggal 22 hingga 31 Desember 2012 mendatang.

Sasarannya hanya akan dilaksanakan di 2 titik yakni di Pasar Songgolangit dan Pasar Sumoroto, karena keduanya merupakan terbesar di Kabupaten Ponorogo.

Sedangkan 3 komoditas yang akan dijadikan sasaran operasi pasar adalah beras, gula pasir, dan minyak goreng (migor).

Operasi pasar ini, sebagai upaya untuk mempertahankan harga dan mengurangi gejolak harga kebutuhan pokok selama liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2013. Apalagi, saat liburan panjang berbarengan dengan libur panjang PNS dan kalangan pelajar mulai setingkap SD hingga SMA.

Selain itu, operasi pasar digelar sebagai antisipasi untuk menstabilkan  harga ditingkat konsumen serta mencegah adanya gejolak lonjakan harga selama libur panjang itu.

Wakil  Kepala Sub Depot Logistik Wilayah XIII Ponorogo, Yoyok Nurcahyo mengatakan operasi pasar tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya permainan harga di pasar sejak menjelang hingga masa liburan panjang natal dan tahun baru.

"Ini upaya kami agar para masyarakat bisa tenang saat libur panjang di natal dan tahun baru. Operasi pasar selama seminggu. Kami siapkan beras premium yang harganya Rp 7.300 per kilogram. Karena beras ini merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok yang harus diantisipasi, termasuk gula pasir dan minyak goreng," terangnya kepada Surya, Jumat (21/12/2012).

Kepala Dinas Indakop Pemkab Ponorogo, Vifson Suisno menjelaskan operas pasar akan digelar di sela-sela libur panjang mulai 22 hingga 31 Desember. Hal ini dilakukan untuk memberi dukungan psikologis pelaku pasar, jika pasar di Ponorogo aman tidak ada permainan harga yang dilakukan para spekulan.

"Ini untuk mengantisipasi dan melindungi konsumen dari adanya pemain spekulan pasar. Kami akan bawa 3 komoditi dari sembilan bahan kebutuhan pokok yakni beras premium, gula pasir dan minyak goreng kemasan dengan harga di bawah harga pasar," tegasnya.

Semetara, hingga kini, harga beras berkualitas baik di Ponorogo masih seharga Rp 7.500 per kilogram, beras mutu sedang Rp 7.000 per kilogram, serta harga gula Rp 10.000 per kilogram dan minyak goreng kemasan Rp 14.000 per kemasan.

"Harga beras, gula dan minyak goreng masih relatif stabil. Kami tidak tahu jika minggu depan akan ada kenaikan karena mendekati hari natal dan tahun baru karena para pegawai libur panjang," tandas pedagang Sembako di Pasar Sumoroto, Andini.

Jawa

  • Nasib Aceng di Tangan Mahkamah Agung
  • Guru SMK Ditahan Bawa Kabur Uang SPP
  • ICMI Muda Siap Kritisi Gubernur Jabar Terpilih
  • Dua Sindikat Pencurian Mobil Disergap di Cirebon
  • Macet Lebih dari 6 Jam, Kapolres Terancam Dicopot

Anda sedang membaca artikel tentang

Bulog dan Indakop Ponorogo Gelar Operasi Pasar

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2012/12/bulog-dan-indakop-ponorogo-gelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bulog dan Indakop Ponorogo Gelar Operasi Pasar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bulog dan Indakop Ponorogo Gelar Operasi Pasar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger