KPK Periksa Anak Probosutedjo Terkait Hambalang

Written By Unknown on Selasa, 09 April 2013 | 11.37

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan pemeriksaan terhadap anak pengusaha Probosutedjo, Rita Ria Kurnianta Probosutedjo. Dia diperiksa sebagai saksi dalam perkara korupsi di Hambalang.

"Sebagai saksi dalam kasus tindak pidana korupsi pembangunan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang," kata Kepala bagian Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha, di Jakarta, Selasa, 9 April 2013.

Rita merupakan Direktur Utama PT Buana Estate. Perusahaan itu adalah pemilik tanah seluas 7 hektare di Bukit Hambalang. Akhir tahun lalu, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan Probo dalam perkara ini sebagai pemilik Buana, namun dia tak datang lantaran sakit.

Sejak 2004, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengupayakan agar pusat pendidikan, pelatihan, dan sekolah olahraga nasional bisa berdiri di lahan Hambalang. Namun Probo enggan menyerahkan lahan tersebut pada Kementerian. Proyek pembangunan ini juga sempat diminta untuk dihentikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan karena lahan proyek belum memiliki sertifikat. Pengurusan lahan ini pun sempat mandek sampai 2010 lalu. 

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharram, beberapa kali menyurati Probosutedjo untuk menyerahkan lahannya. Pada November 2009, Probosutedjo akhirnya mengeluarkan surat pernyataan yang isinya tidak keberatan jika lahan Hambalang digunakan Kementerian.

Melalui surat itu, Probosutedjo mengatakan tidak akan menuntut hak atas tanah itu selama tanah yang dikelola bukan milik PT Buana Estate. Namun, surat ini diduga palsu.

Soal pengurusan lahan Hambalang juga pernah menyeret nama Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Anas, dikatakan anggota Fraksi Partai Demokrat Ignatius Mulyono, memerintahkan dia menanyakan sertifikat Hambalang di Badan Pertanahan Nasional. Mulyono juga mengaku mengambil sertifikat itu dari Sekretaris Utama BPN Managam Manurung dan menyerahkannya kepada Anas.

NUR ALFIYAH

Topik terhangat:

Partai Demokrat | Agus Martowardojo | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Berita lainnya:

3 Fakta Kapolda DIY Kontak Pangdam Sebelum Insiden 

SBY: SMS Saya ke Anas Tidak Dibalas 

Kisah Penjaga Mayat yang Memandikan Nurdin M Top

SBY Sudah Menduga Penyerang Cebongan Kopassus 

SBY: Kami Menyayangi Anas Urbaningrum 

Agustus, SBY Bakal Ganti Kapolri dan Panglima TNI


Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Periksa Anak Probosutedjo Terkait Hambalang

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/04/kpk-periksa-anak-probosutedjo-terkait.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Periksa Anak Probosutedjo Terkait Hambalang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Periksa Anak Probosutedjo Terkait Hambalang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger