Mahfud Dukung Demokrat Pilih Capres Lewat Konvensi  

Written By Unknown on Senin, 08 April 2013 | 11.37

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. senang atas rencana Partai Demokrat menggelar konvensi untuk menjaring calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung pada Pemilu 2014 mendatang. »Ini langkah cerdas yang dilakukan Partai Demokrat," kata Mahfud melalui siaran pers yang diterima, Senin, 8 April 2013.

Mahfud mengatakan, pelaksanaan konvensi bisa menjadi ruang bagi Demokrat untuk merebut kembali kepercayaan publik atas partai yang kini dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu. Sebelumnya, Presiden SBY hanya menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Majelis Tinggi.

Konvensi, menurut Mahfud, merupakan langkah tepat mendobrak oligarki yang selama ini terjadi pada partai politik. Dengan menyerahkan penetapan calon presiden dan calon wakil presiden kepada publik, secara tidak langsung SBY memberi penegasan bahwa penentuan calon pimpinan nasional tak sepenuhnya ditentukan oleh pengurus partai politik, melainkan ditentukan bersama dengan kehendak publik. Konvensi Demokrat menyiratkan sikap agar tidak ada money politics yamg bisa dimainkan oleh pengurus parpol dalam menjaring capres.

Tapi Mahfud membantah jika dukungannya terhadap rencana Demokrat ini agar memudahkan jalannya untuk menjadi calon presiden pada pemilihan presiden 2014 mendatang. "Saya hanya melihat bahwa sikap SBY itu bermanfaat bagi rakyat Indonesia, terutama bagi penafsiran konstitusi secara fair."

Meski demikian, Mahfud tak menutup peluang jika dirinya memang tengah mempersiapkan diri untuk ikut menjadi salah satu kontestan dalam pemilihan presiden. »Soal sikap politik saya, nanti saja setelah saya pulang umrah," ujarnya.

Saat ini Mahfud sedang menjalani ibadah umrah di Mekah. Mahfud berangkat ke Tanah Suci setelah resmi pensiun dari jabatannya sebagai hakim konstitusi pada 1 April lalu. Setelah pensiun, Mahfud mulai didekati beberapa partai untuk diusung menjadi capres. Salah satu partai yang sudah sering berkomunikasi adalah Partai Kebangkitan Bangsa.

IRA GUSLINA SUFA

Berita Terpopuler Lainnya:

Beredar, Video Tari Bugil Pelajar di Bima

Mengintip Restoran Narkoba di Kampung Ambon

Pengamat: Seharusnya Danjen Kopassus Dicopot

Polisi Bantah Mengendus Penyerang LP dari HP

Pangdam Diponegoro Serahkan Jabatan Besok


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahfud Dukung Demokrat Pilih Capres Lewat Konvensi  

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/04/mahfud-dukung-demokrat-pilih-capres.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahfud Dukung Demokrat Pilih Capres Lewat Konvensi  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahfud Dukung Demokrat Pilih Capres Lewat Konvensi  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger