Mahfud MD: Sulit Buktikan Gratifikasi Seks

Written By Unknown on Jumat, 19 April 2013 | 11.37

Liputan6.com, Jakarta : Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung, Setyabudi Tejocahyono, diduga tidak hanya menerima suap dari Toto Hutagalung. Dia juga diduga menerima gratifikasi seks dari orang dekat Walikota Bandung Dada Rosada itu.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, menilai, gratifikasi seks sulit diterapkan. "Akan sulit menjadikan seks sebagai bentuk suap atau gratifikasi," kata Mahfud MD di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Mahfud menjelaskan, berdasarkan undang-undang, seseorang yang menerima gratifikasi asalkan melapor dan tidak bisa dibuktikan secara langsung terkait, akan lepas dari hukuman gratifikasi.

"Nah, kalau seseorang dapat gratifikasi seks kemudian melapor, saya kira tidak bisa dihukum. Kalau seks dinilai, dibawah Rp 10 juta, sudah selesai itu (tidak akan dihukum)," papar Mahfud.

Ketua Presidium KAHMI ini mengakui tidak hanya hakim saja yang sering mendapatkan gratifikasi seks ini. "Kebetulan yang ditangkap ini hakim," pungkas Mahfud.

Sebelumnya, Permintaan layanan seks diungkap oleh pengacara Toto, Johnson Siregar. Menurutnya, Setyabudi tidak hanya meminta uang tapi juga layanan seksual. "Setiap Jumat mintanya," ujar Johnson.

Dalam pasal 128 ayat 1 UU Tipikor disebutkan, setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara dianggap pemberian suap jika berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugas.

Dalam kasus tersebut, selain Setyabdi, KPK menetapkan tiga tersangka lainnya, yakni Herry Nurhayat (Plt Kadispenda Pemkot Bandung) dan Toto Hutagalung (swasta). (Ary)

Baca Yahoo! di ponsel Anda. Klik di sini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahfud MD: Sulit Buktikan Gratifikasi Seks

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/04/mahfud-md-sulit-buktikan-gratifikasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahfud MD: Sulit Buktikan Gratifikasi Seks

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahfud MD: Sulit Buktikan Gratifikasi Seks

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger