SBY: Penggulingan Mursi kejutkan dunia

Written By Unknown on Kamis, 04 Juli 2013 | 11.38

MERDEKA.COM. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai penggulingan Presiden Mesir Muhammad Mursi sangat mengejutkan dunia. Sebabnya, Mursi yang terpilih secara demokratis malah dilengserkan oleh angkatan bersenjata di Negeri Piramida itu.

"Peristiwa ini kejutkan dunia, termasuk Indonesia. Kita berharap transisi demokrasi di Mesir bisa berlangsung baik & damai," tulis SBY dalam akun twitternya @SBYudhoyono, Kamis (4/7).

Pada tahun 2011 lalu, SBY mengaku diminta oleh Presiden Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton untuk menyampaikan pandangan tentang demokratisasi di Mesir. Kala itu, SBY mengatakan militer sangat berperan dalam masa transisi seperti itu.

"Saya katakan pd Obama & Hillary, peran militer sangat menentukan dlm transisi demokrasi. Hal ini juga berlaku di Mesir," kata SBY.

Lalu di Indonesia, lanjut SBY, saat masa transisi dari Orde Baru ke era Reformasi, militer mendukung penuh proses demokrasi. Bersamaan dengan itu, militer juga terus berbenah dan tidak lagi menjadi alat penguasa.

"Kpd Obama juga saya katakan, dulu militer Indonesia dukung penuh demokratisasi, seraya lakukan reformasi internal," tandasnya.

Seperti diketahui, Ketua Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata Mesir Letnan Jenderal Abdul Fatah al-Sisi menegaskan jika Muhammad Mursi tidak lagi menjabat presiden Mesir. Lalu, mereka menunjuk ketua mahkamah konstitusi menjalankan pemerintahan sementara.

Mursi dilengserkan karena dinilai gagal memenuhi keinginan rakyat Mesir termasuk dalam perubahan kondisi ekonomi. Para demonstran anti-Mursi merayakan peristiwa ini dengan menyalakan kembang api di Lapangan Tahrir, Ibu Kota Kairo.

Sumber: Merdeka.com

Anda sedang membaca artikel tentang

SBY: Penggulingan Mursi kejutkan dunia

Dengan url

http://hukumseo.blogspot.com/2013/07/sby-penggulingan-mursi-kejutkan-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SBY: Penggulingan Mursi kejutkan dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SBY: Penggulingan Mursi kejutkan dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger